Tips Pulang Kampung Memakai Sepeda Motor Dengan Aman

Tutorial – Berkendara dengan sepeda motor untuk perjalanan jauh sangat tidak disarankan. Anda lebih baik menggunakan kendaraan beroda empat atau angkutan umum. Selain berbahaya juga sanggup kuat bagi kesehatan Anda.

Namun bagaimana bila terpaksa?


Berkendara dengan sepeda motor untuk perjalanan jauh sangat tidak disarankan Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor Dengan Aman


Sudah menjadi belakang layar umum bahwa ada jutaan orang pulang kampung menggunakan sepeda motor. Hal ini ialah fenomena yang sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Jika Anda memang harus pulang kampung menggunakan sepeda motor, maka silahkan baca tips berikut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sebelum Berangkat : Persiapkan Segalanya


1. Cek Kesiapan Sepeda Motor Anda


Beberapa hal yang harus Anda cek sebelum bepergian jauh menggunakan sepeda motor :
  • Ganti oli.
  • Kondisi mesin.
  • Kondisi rantai.
  • Lampu-lampu.
  • Bel / horn.
  • Rantai.
  • Busi.
  • Tekanan angin.
  • Shock Breaker.
  • Sistem pengereman depan belakang.
  • Kopling.  


Jika perlu, ada baiknya Anda mampir ke bengkel langganan untuk mengecek kondisi motor Anda. Katakan bahwa Anda akan menempuh perjalanan jauh.

2. Gunakan Bagasi Tambahan


Terlebih bila muatan Anda banyak. Namun ingat, jumlah muatan akan mempengaruhi daya motor Anda. Untuk itu bawa barang secukupnya.

3. Siapkan Semua Surat Dan Dokumen


Tentu ada beberapa surat dan dokumen yang harus Anda bawa, antara lain : KTP, STNK, SIM, Kartu BPJS Tenaga Kerja, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Anggota Serikat Pekerja, Kartu Peserta Asuransi, dll. Jika Anda indekos, maka tak ada salahnya membawa juga dokumen lainnya ibarat ijazah, KK / KSK, KITAS, Pasport, dll. Anda niscaya cukup tahu apa yang harus dibawa.

4. Pastikan Kondisi Anda Prima


Jangan pernah melaksanakan perjalanan jauh menggunakan kendaraan bermotor bila Anda tidak fit. Anda harus yakin bahwa Anda cukup sehat untuk pulang kampung menggunakan sepeda motor. Terlebih istri atau anak Anda membonceng Anda. Jika perlu bawa obat-obatan yang Anda butuhkan, ibarat minyak angin, balsam, obat batuk, dll. Tetapi ingat, beberapa jenis obat sanggup mengakibatkan kantuk!

5. Bawa Peralatan Wajib


Bawa kunci, tang, senter, obeng, dll. Bawa juga busi cadangan atau bahkan ban dalam cadangan bila Anda merasa membutuhkannya.

6. Pastikan Anda Membawa 7 Benda Wajib Ini


Apa saja 7 benda yang wajib Anda bawa? Ingat, ini perjalanan jauh. Anda harus mempersiapkan segalanya. Ada beberapa benda yang harus Anda bawa dan pakai, yaitu



Helm
Tidak ada yang lebih baik selain helm teropong. Namun bila Anda tidak mempunyainya, gunakan helm lain asal standart SNI.

Masker
Anda akan bertemu aneka macam kondisi jalan, termasuk yang penuh bubuk dan kotoran. Untuk mengantisipasi hal ini, maka masker ialah sesuatu yang wajib.

Kacamata
Tentu saja kacamata penting. Anda harus memakainya. Ada banyak jenis kacamata. Pilih saja yang Anda rasa nyaman dan justru tidak mengganggu acara berkendara.

Sarung tangan
Sebenarnya tidak hanya perjalanan jauh, rute dalam kota juga sebaiknya menggunakan sarung tangan. Hal ini sanggup memperlihatkan banyak manfaat, antara lain melindungi tangan dari udara yang terlampau dingin, panas, atau sengatan serangga.

Sepatu
Jangan memakin sandal. Selain beresiko slip, juga tidak sanggup melindungi bab kaki Anda. Untuk berkendara jauh, ibarat pulang kampung, wajib bagi Anda untuk gunakan sepatu.

Jaket
Pastikan jaket yang Anda pakai nyaman di tubuh. Jaket ialah hal yang dihentikan tidak ada. Gunakan jaket yang berwarna / bukan hitam semoga Anda tidak terlalu gerah.

Alat pelindung dada / rompi biker.
Perjalanan jauh ibarat pulang kampung atau pulang kampung rawan menciptakan Anda masuk angin. Gunakan rompi biker. Hal ini sanggup menjadi salah satu solusi jitu.

Berkendara dengan sepeda motor untuk perjalanan jauh sangat tidak disarankan Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor Dengan Aman


7. Pastikan Rute Anda


Untuk yang satu ini, Anda sebaiknya : 

Memantau rute dari media sosial, komunitas lokal dan grup bikers.

Mengikuti perkembangan info kemudian lintas dari portal info dan radio.

Bertanya pada mereka yang lebih berpengalaman wacana rute yang Anda lalui.

Rencanakan SPBU, restoran, posko pulang kampung atau daerah istirahat lainnya yang akan Anda singgahi.

8. Isi Penuh Daya Ponsel

Anda niscaya akan membutuhkan ponsel. Untuk itu charge smartphone Anda hingga penuh. Gunakan mode irit dikala Anda berkendara. Hanya pantau melalui google map, radio atau portal info dikala Anda beristirahat. Bawa juga power bank yang mumpuni. Kalau perlu dua handphone juga tidak ada salahnya. 

Di  Perjalanan : Tetap Fokus Namun Jangan Memaksa


1. Perhatikan BBM Anda


Jangan hingga kehabisan bensin di tengah jalan. Pastikan Anda punya perencanaan yang baik. Segera isi ulang bensin Anda bila menemukan SPBU. 

2. Istirahat Secukupnya


Tempat yang paling sempurna untuk beristirahat ialah rumah makan yang menyediakan kemudahan lesehan. Namun Anda sanggup beristirahat dimanapun daerah yang dirasa kondusif dan nyaman. Posko pulang kampung sanggup jadi pertimbangan bagus.

3. Periksa Sepeda Motor


Fokuslah pada jalan namun tetap perhatikan motor Anda. Segera berhenti dan perbaiki hal yang dirasa tidak beres. Jangan memaksakan diri. 

4. Pastikan Tidak Tersesat.


Perhatikan papan jalan. Jangan segan bertanya pada orang lain. Terlalu mengandalkan google map juga tidak terlalu baik.

5. Makan


Gunakan istirahat untuk makan secukupnya. Pastikan Anda mempunyai cukup energi untuk melaksanakan perjalanan jauh ibarat ini.

6. Buang Air 


Ini ialah tantangan mereka yang pulang kampung menggunakan sepeda motor. Berbeda dengan kereta api atau bus, Anda harus berhenti di SPBU atau ponten untuk buang hajat. Maka berpikirlah bijak. Jangan makan terlalu banyak atau terlalu pedas.

7. Jangan Terlalu Jauh Meninggalkan Motor Anda


Dimanapun Anda beristirahat, jangan terlalu jauh meninggalkan motor Anda. Jangan hingga teledor, terlebih meninggalkan kunci sepeda motor di kontak. 

8. Perhatikan Cuaca


Cuaca juga perlu Anda perhatikan. Berhentilah bila dirasa hujan terlalu berbahaya, terlebih yang disertai petir dan angin kencang.

Di Tempat Tujuan : Refresh Sepeda Motor Anda


1. Segera Cek Motor Anda.


Begitu Anda hingga di daerah tujuan, perhatikan motor Anda. Perjalanan jauh ibarat pulang kampung atau pulang kampung niscaya sangat melelahkan. Namun Anda harus kembali bukan? Untuk itu segera masukkan motor Anda ke bengkel terpercaya semoga performanya tetap terjaga.

2. Nikmati Suasana 


Berkendara dengan sepeda motor untuk perjalanan jauh sangat tidak disarankan Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor Dengan Aman


Bergembiralah. Berbagi sukacita dan rasa rindu kepada orang terkasih ialah tujuan Anda menempuh perjalanan jauh ini. Nikmati semuanya itu.

3. Cek Semua Dokumen Dan Lainnya


Amankan semua dokumen dan surat-surat. Anda harus sanggup menjaga diri dan barang Anda sendiri. Jangan hingga nanti ada yang tertinggal dikala harus kembali ke daerah Anda.

Demikianlah tutorial sederhana untuk Anda yang pulang kampung menggunakan sepeda motor dengan aman. Tetap waspada dan jaga kesehatan serta keselamatan. Tidak perlu mengebut apalagi terburu-buru. Kiranya perjalanan Anda sanggup lancar dan bertemu dengan sanak saudara.

Call For Action

Jika Anda merasa Artikel wacana tips pulang kampung menggunakan sepeda motor ini bermanfaat, silahkan share ke media umum Anda. Sebarkan semoga semakin banyak yang terbantu dan menerima manfaatnya. 






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Pulang Kampung Memakai Sepeda Motor Dengan Aman"

Post a Comment