7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan


 Sudah bukan diam-diam umum lagi bahwa kegiatan bersepeda mempunyai banyak manfaat 7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
sumber flo_karr dari unsplash


Sudah bukan diam-diam umum lagi bahwa kegiatan bersepeda mempunyai banyak manfaat. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir mulai digalakkan lagi demam bike to work dan bike to school.

Lantas apa saja manfaat bersepeda bagi kesehatan? Berikut merangkum tujuh manfaat bersepeda bagi kesehatan yang perlu Anda tahu.

1. Mengurangi resiko penyakit jantung.

Manfaat bersepeda sebagai upaya untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung sudah usang diketahui. Bahkan National Health Service secara resmi merekomendasikan acara bersepeda untuk mencegah terkena penyakit jantung.

Hal yang sama juga terungkap dari hasil penelitian oleh Universitas Glasgow, Skotlandia. Para peneliti disana mempelajari 260.000 sampel orang dalam kurun waktu lima tahun dan karenanya : mereka yang bersepeda mempunyai potensi terkena serangan jantung yang jauh lebih kecil.

2. Mengurangi berat tubuh secara kondusif dan alami.

Banyak orang bersepeda untuk menurunkan berat tubuh yang berlebihan dan hal ini memang sudah banyak diakui.

Sebagai sebuah acara yang menuntut seluruh tubuh untuk bergerak, kegiatan olahraga bersepeda sanggup secara efektif membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya.

Pada dikala bersepeda kalori dan lemak akan terbakar dan tubuh akan menjadi lebih segar. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

3. Mengurangi resiko diabetes.

Ini memang fakta yang mengejutkan : bersepeda sanggup mengurangi potensi terkena diabetes. Namun hasil riset dari para peneliti di Finlandia perihal bersepeda menyebutkan hal tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, mereka yang rutin bersepeda, berdasarkan hasil penelitian ini, ternyata mempunyai resiko terkena diabetes yang jauh lebih kecil dari yang tidak melakukannya.

Baca juga artikel perihal pola makan sehat untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Artikel ini juga berisi aneka macam tips untuk menjauhkan diri dari aneka macam penyakit berbahaya. 

4. Mengurangi resiko kanker.

Kanker ialah salah satu penyakit yang paling ditakuti di masa kini. Namun hasil penelitian terkini menyebutkan bahwa kegiatan bersepeda dan menjaga asupan makanan sanggup menciptakan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Riset tersebut juga mengemukakan jikalau seseorang dengan tubuh yang bugar akan beresiko lebih kecil terkena kanker.

Bahkan disebutkan jikalau aktifitas mengayuh sepeda ini sanggup menciptakan seseorang lebih kecil terkena potensi kanker usus dan payudara.

5. Sangat baik untuk tulang.

Seseorang yang rajin bersepeda secara rutin akan mempunyai struktur tulang yang baik. Kegiatan mengayuh sepeda bukan hanya menuntut pergerakan otot kaki saja, gotong royong ini juga menciptakan seluruh anggota tubuh dan otot bergerak. Hal ini nantinya akan memperkuat otot dan menjaga fleksibilitas tulang. Di samping itu koordinasi dan keseimbangan tubuh juga akan semakin baik.

6. Menjaga kesehatan paru-paru.

Ternyata bersepeda juga sanggup menjaga kesehatan paru-paru. Hasil penelitian dari Kings College London bekerja sama dengan Camden Council mengungkapkan bahwa orang yang bersepeda lebih sedikit populer asap kendaraan bermotor daripada para pengemudi sepeda motor atau mobil.

Hal ini tentu saja menciptakan para pengendara sepeda mempunyai resiko lebih sedikit untuk populer ganguan paru-paru alasannya ialah polusi udara daripada mereka yang naik kendaraan bermotor.

7 Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seorang peneliti dari Appalachian State University, David Nieman,  mengungkapkan bahwa bersepeda sanggup membantu memperkuat sistem pernafasan sehingga akan semakin jarang terkena flu.

Senada dengan hal itu, Profesor Tim Noakes dari University of Cape Town menyampaikan bahwa olahraga ringan yang dilakukan secara rutin menyerupai bersepeda sanggup meningkatkan kekebalan dan imun tubuh.

 Sudah bukan diam-diam umum lagi bahwa kegiatan bersepeda mempunyai banyak manfaat 7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
ilustrasi bersepeda, foto by @ocen di unsplash


Untuk bacaan lebih lanjut kami sarankan membaca artikel Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh, yang berisi tips-tips sangat sederhana namun sanggup menciptakan Anda selalu bugar. 

Kesimpulan  : Melihat aneka macam manfaat yang sanggup didapatkan dari kegiatan bersepeda, maka tak ada salahnya jikalau Anda juga mencobanya. Bersepeda memang sanggup membantu menjaga kesehatan sekaligus menciptakan tubuh makin segar dan prima. Selain itu, bersepeda juga sangat ampuh untuk mengurangi stress dan tekanan jiwa.

Semoga artikel mengenai manfaat bersepeda bagi kesehatan ini berkhasiat untuk Anda semua. Baca terus artikel bermanfaat dan berkualitas dari di rubrik kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan"

Post a Comment