Cara Menghasilkan Uang Dari Blog (Berdasarkan Pengalaman Nyata)


Tutorial - Halo sahabat yang baik, pernahkah sahabat berpikir untuk mendapatkan uang dari internet?

Jika sahabat belum mengetahuinya, maka akan menjelaskan dengan terperinci cara mendapat uang dari internet. Dunia maya, khususnya blog  sesungguhnya bisa menjadi sarana untuk memperoleh pendapatan.

 maka  akan menjelaskan dengan terperinci cara mendapat uang dari internet Cara Menghasilkan Uang Dari Blog (Berdasarkan Pengalaman Nyata)


Yup, kuncinya yakni menulis dan dibayar atau dalam bahasa lain adalah mendapatkan uang dengan cara membuat artikel.

Bagaimana, apakah  Anda merasa tertarik dengan aktifitas blogging  meski tidak tahu banyak ihwal apa yang harus dilakukan? Anda tidak ada pengalaman serta minim kemampuan teknis?

Atau Anda  belum berhasil menghasilkan uang  semenjak blog post pertama?

Di artikel kali ini Sahabat akan berguru cara menghasilkan uang dari blogging. yakin, perlahan tapi pasti, penghasilan akan Anda peroleh .

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?


Ini yakni salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di benar calon blogger.

 “Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?”

Berikut beberapa langkah dasar yang ditempuh  dari kebanyakan blogger yang mengandalkan blog sebagai mata pencaharian.

  1. Membuat blog
  2. Menulis  konten yang bermanfaat
  3. Mendatangkan  pembaca
  4. Membangun sebuah ikatan dengan pembaca yang tiba ke blog Anda
  5. Mendapatkan uang. 

Terdengar gampang bukan? Karena memang intinya tidak sulit. Anda niscaya bisa. Jangan dengarkan mereka yang menyampaikan bahwa mendapat uang dari blog yakni mitos.

Sudah banyak orang yang melakukannya dan  Anda juga niscaya bisa. Pada beberapa level, prosesnya cukup sederhana tapi Anda akan ketahui lebih banyak setelah  Anda jalani.

Yuk kita mulai membahas dari awal cara mendapat uang dari blog.

Memulai sebuah blog.


Untuk mendapat uang dari blog tentu Anda perlu mempunyai sebuah blog. Meski cukup jelas, langkah ini juga yang jadi kerikil penghalang bagi kebanyakan blogger pemula yang mempunyai sedikit atau tanpa latar belakang blogging.

Tapi jangan khawatir, ini tidak sesulit yang Anda kira. Ada beberapa langkah sederhana yang Anda perlukan untuk memulai sebuah blog:

1. Memilih Platform.

Pilih platform blog Anda. Untuk memulai sebuah blog Anda perlu menentukan platform blog atau alat yang akan membantu Anda semoga konten berada di website. Ada banyak pilihan platform blog yang tersedia, salah-satunya di blogspot yang menjadi platform paling terkenal dan banyak dipilih sebab beberapa alasan berikut:

  • Penggunaannya gratis
  • Mudah digunakan
  • Merupakan anggota keluarga besar Google

2. Menentukan Nama.

Menentukan nama domain dan hosting (atau pake saja yang gratis). Langkah selanjutya untuk memulai sebuah blog yakni menentukan nama domain (alamat blog Anda) semoga blog Anda mempunyai alamat rumah secara online. Tiap blog mempunyai domain sendiri-sendiri, jadi  Anda harus kreatif untuk menemukan nama domain yang belum digunakan orang lain, namun sesuai konten blog yang Anda rencanakan.

3. Mendesain Blog.

Hal lain yang perlu Anda lakukan yakni design blog. Kesan pertama sangat penting jadi Anda harus menentukan design yang bisa membuat blog Anda menonjol di antara blog-blog lain.

Meski ada banyak pilihan tema yang gratis, Anda bisa gunakan tema premium sebagai dasar design blog Anda. Kendati sifatnya berbayar, pilihan premium berefek nyata pada meningkatkan secara optimal mesin pencarian, dirancang untuk mobile maupun desktop, serta gampang diinstal dan disesuaikan.

Untuk lebih jelas, silahkan baca beberapa artikel ihwal pengalaman saya membuat blog . 

Menciptakan konten yang bermanfaat.


Konten yakni raja. Content is a king. Bahkan inti dari blog yakni konten.

Blog harus mempunyai konten. Bukan blog bila tanpa konten.  Anda perlu bekerja keras untuk membuat konten yang bermanfaat. Pilihan Anda akan bergantung pada topik yang Anda pilih untuk ditulis.

Kunci keberhasilan yakni membuat konten yang baik. Seperti apa konten yang baik itu? Konten yang baik yakni konten yang bisa menginspirasi, menghibur, menuntaskan duduk kasus dan membantu kehidupan orang lain.

Baca juga artikel ihwal cara kebiasaan membaca para netizen supaya konten Anda maksimal.

Menemukan pembaca.

Membuat konten memang bagus. Tetapi Anda harus membuat orang-orang membaca goresan pena Anda. Ketika Anda membuat konten bermanfaat, kadang Anda hanya fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun blog. Ini yakni salah satu kesalahan para pemula.

Bila Anda ingin menghasilkan uang dari blog, Anda tidak hanya perlu fokus pada membangun blog yang baik, tapi juga mulai mempromosikannya. Dengan kata lain menarik pembaca tiba ke blog Anda.

Mulailah dengan memikirkan ihwal jenis pembaca yang Anda inginkan pada blog Anda. Setelah tahu siapa yang membaca blog Anda, tanyakan dimana kelompok orang ini berkumpul secara online. Buat daftar ihwal dimana mereka kemungkinan berkumpul:


  • Apakah mereka membaca blog tertentu?
  • Apakah mereka berpartisipasi di lembaga tertentu?
  • Apakah mereka mendengarkan podcast?
  • Apakah mereka berkumpul di jaringan sosial tertentu?
  • Akun mana yang mereka ikuti dari jaringan sosial tersebut?

Tiap daerah yang dikunjungi sasaran pembaca blog Anda,  luangkanlah waktu Anda untuk terlibat disana  yaitu dengan meninggalkan komentar, menawarkan  guess post, atau cukup hanya dengan menjawab pertanyaan pembaca.

Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang.

Ketika Anda fokus membuat konten dan menemukan pembaca untuk blog, Anda mulai melihat pengunjung tiba ke blog Anda dan menikmati konten yang Anda buat. Di titik ini Anda perlu mengubah fokus menjadi mendekati pembaca tersebut dan membangun komunitas.

Respon komentar yang mereka tulis, dekati pembaca secara personal, dan lakukan apapun yang Anda bisa untuk membuat mereka terus tiba kembali ke blog Anda lagi dan lagi. Pertahankan pembaca yang sudah Anda peroleh bahkan solusikan dengan baik sehingga mereka akan membuatkan gosip ihwal blog Anda, turut serta membangun blog Anda, sehingga lebih banyak diketahui orang.

Menghasilkan Uang. 


Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang Anda milki melalui variasi susukan pendapatan
Empat langkah pertama, yakni memulai sebuah blog, menulis konten, menemukan pembaca, dan membangun kedekatan dengan pembaca,  jadi dasar penting yang sangat Anda butuhkan sebelum Anda bisa membangun pendapatan jangka panjang di blog Anda.

Memang dibutuhkan kerja keras tapi bila Anda melakukannya dengan baik, berarti Anda mempunyai kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Dengan dasar yang sempurna Anda sekarang siap untuk mulai memperoleh uang dari blog. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat, sesudah membuat blog, mempunyai konten, dan mendekati pembaca, bukan berarti uang akan mengalir secara otomatis. Karena dibutuhkan kerja terus-menerus dan eksperimen untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

10 Sumber Pendapatan Yang Harus Anda Coba

1.      Iklan. Anda bisa memonetisasi blog Anda. Ini mungkin umum dilakukan para blogger. Dan tidak sedikit juga blogger Indonesia yang sudah mendapat jutaan rupiah per bulannya. Program iklan yang paling banyak digunakan seperti Google Adsense, MGID, WidgetBucks, dan Text Link Ads.

2.      Affiliate Program. Banyak sekali affiliate jadwal yang bisa anda ikuti. Misalnya ClickbankLinkshareCommission Junction, dan Amazon.

3.      Iklan langsung. Anda pun punya kesempatan mendapat uang lewat iklan secara langsung. Maksudnya, perusahaan atau lembaga yang tertarik berpromosi lewat blog anda, bisa eksklusif memasang iklan tanpa perantara. Anda pun bisa jemput bola dengan membuat tawaran dan menawarkannya kepada mereka. 

4.      Blog network. Bergabung dengan blog network bisa menambah pemasukan anda. Biasanya blog network yang anda ikuti juga akan membagikan penghasilan dari iklan yang diperoleh.

5.      Menjual Blog. Anda bisa buat blog dengan tujuan untuk dijual kembali. Jika blog anda trafficnya tinggi, biasanya banyak yang tertarik membeli. Di luar negeri, hal ini sudah biasa terjadi. Makara anda tinggal buat blog, kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Lalu anda tinggal buat blog gres untuk dikembangkan lagi dan dijual lagi.

6.      Jual merchandise. Jika blog anda sudah mempunyai banyak penggemar, anda bisa meraup lebih banyak uang dengan menjual merchandise bertuliskan blog anda. Misal bentuknya berupa kaos, mug, atau kalender.

7.      Konsultan. Anda bisa menjadi konsultan bagi orang-orang yang berniat membuat blog. Anda bisa pasang tarif untuk setiap konsultasi. Di luar negeri, profesi konsultan blog ini sudah berkembang pesat. Atau Anda bisa mencoba peruntungan dengan menjadi konsultan IT dan Internet Marketing yang sedang booming. Kini hampir semua perusahaan mengincar pemasaran melalui internet.

8.      Seminar. Jika pengalaman Anda sudah banyak, Anda bisa buat seminar ihwal dunia blog. Atau temanya spesifik menyerupai blog yang anda punya. Ini salah satu cara untuk meraup lebih banyak lagi uang masuk ke kantong anda.

9.      Menjadi Copywriter untuk Blog. Karena isi blog terutama tulisan, ini juga bisa anda jadikan peluang sumber penghasilan. Anda bisa tawarkan diri untuk mengisi blog-blog orang lain.

10.  Menulis di portal berita. Bukan hanya menulis di blog sendiri atau blog orang lain, anda pun bisa menulis di media konvensional menyerupai koran atau majalah. Anda bisa cantumkan profesi sebagai blogger.  Selain makin banyak uang yang bisa Anda dapatkan  Ada banyak daerah yang membuka lowongan penulis, menyerupai hipwee, UC Browser, Babe, dll. 

Demikianlah artikel dari ihwal cara menghasilkan uang dari blog. Semoga bermanfaat untuk Anda. Baca juga artikel tutorial mendapat uang dari blog yang harus Anda tahu.

Call For Action! 

selalu berusaha menyampaikan artikel bermutu dan berkualitas bagi Anda secara gratis. Dukung terus blog kecil ini dengan cara share artikel kami ke media umum atau whatssapp Anda semoga makin banyak orang yang mengenal dan mendapat manfaat dari . 



Setiap hari kami usahakan untuk selalu update 1 artikel. Daftarkan email Anda semoga bisa berlangganan artikel dari kami eksklusif ke alamat email Anda. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghasilkan Uang Dari Blog (Berdasarkan Pengalaman Nyata)"

Post a Comment